-->
julis

Recover Partition Table

setelah sekian lama tidak blogging, akhirnya sekarang saya punya kesempatan untuk blogging lagi. Kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya waktu nge-recover data dari harddisk temen.
.fullpost{display:inline;}

Ceritanya bermula waktu saya masih di kampus, terus temen saya (Arif Senoaji) nelp. dia nanya cara repair windows di harddisk SATA. Karena saya juga gak begitu tau terus saya cari pake Om Google. Singkat cerita dapet artikelnya, dan disitu disebutkan untuk menjalankan setup windows pada harddisk SATA diperlukan sebuah disket yang berisi driver SATA yang didapat dari CD Driver Motherboard.

Abis itu, saya dengan temen-temen yang lain ke kantin Pujasera Polban, waktu itu saya lagi puasa jadi ke kantinnya magrib sekalian buka. Kita pada ngobroling ngalor ngidul nggak ada arah, trus inget ama Seno "masalah harddisk dia udah solve belum yah !!!" pikirku. Karena lama nggak ada kabar ya udah kita balik ke kampus dan melanjutkan main Game DoTA. Cape' main DoTA kita pulang, trus saya mampir ke kost-an Seno, dan ternyata masalahnya belum selesai WHAT !!!!!!!!.

O ya, komputernya punya tetangga kost-an seno, cewe cakep euy. Lanjut ke masalahnya, pas diliat ternyata kompinya nggak mau booting. Akhirnya kita coba lakuin repair windows (itu tuh, klo kita mau setup khan dicari dulu Windows yang udah ada trus ada pilihannya setup atau repair), ternyata masalahnya windows yang lama ga kedetect.

Trus kita mikir, windows yang lama gak kedetect....hmmmm curiga boot recordnya rusak, trus kita kasih pilihan ke yang punya kompi (Sari namanya) mo di rebuild mbr-nya ato gimana?, eh...dia malah menyerahkan semuanya ke kita tapi di dalemnya ada file-file tugas akhir klo bisa file-file itu selamat.

Akhirnya kita sepakat untuk recover data-datanya, pas harddisknya di taro di komputer lain ternyata partisinya gak kebaca WHAT!!!, waduh pusing kita, mana udah malem lagi, nyari yang punya partition magic gak ada, nyari yang punya norton utilities gak ada, adanya file scavenger.
Dengan hampir putus asa kita bongkar-bongkar kumpulan CD kita, eeeeh ketemu CD kumpulan software 2002 dan didalamnya ada partition magic........HOREEEE!!!!, kita install dan kita coba untuk recover partisi...........ternyata nggak bisa, dicoba berulang-ulang nggak bisa juga, trus iseng browsing isi CD itu. Eh.....Eh....Eh... ada norton utilities............ HOREEEE!!!! lagi, install, Trus cobain jalanin, ternyata si nortonnya cerdas, dia tau ada harddisk yang problem, ya udah kita ikutin petunjuknya........ dan HOREEEE!!! tabel partisinya berhasil kembali.

Partisi yang balik ada 2 dan kata yang punya (Sari -red.) ada 3 (C:, D:, E:) waduh trus gimana, akhirnya kita ambil jalan yang penting OSnya mau booting, data yang di partisi satu lagi kita recover aja pake OnTrack Easy Recovery.

Setelah habis ngerecover, kita coba repair windowsnya, ternyata timbul masalah lagi, CD Windowsnya jelek, jadinya OSnya terinstall tapi tidak mau booting, trus coba repair pake cd Acronis, eeeh ketiduran tau-tau dia udah ngopi file - file system, yaudah kita terusin aja. Walhasil berhasil booting, pas di check taunya ada 2 OS windows satu yang di C: (yang lama) satu lagi yang di D: (yang baru), kita biarin aja ntar aja kita delete, trus masalah partisi yang satu lagi, kita format partisi itu trus drive letternya kita ubah jadi D: yang D: lama jadi E:
Data-data hasil recover kita copy ke D:................ beres deh.

Tau nggak, kita ngerjainnya dari Isya ampe jam 3.00 trus tidur , bangun lagi jam 6.00, kita serahin ke Sari. Dia seneng banget, kita juga seneng banget bisa bantuin orang terlebih dia cantik lagi he...he.....he......
julis
julis
Load comments